Bidang Desain


Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lainnya dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah "perancangan proses". Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.

  • Secara garis besar, ada tujuh prinsip di dalam dunia desain yaitu:

  1. Keseimbangan
  2. Kesatuan
  3. Perbandingan
  4. Urutan
  5. Irama
  6. Skala
  7. Fokus

  • Metode desain adalah suatu cara yang dilakukan oleh desainer untuk menghasilkan suatu karya desain. Beberapa metode yang umum digunakan, antara lain:

  1. Explosing yaitu mencari inspirasi dengan berpikir secara kritis untuk menghasilkan suatu desain yang belum pernah diciptakan.
  2. Redefining yaitu mengolah kembali suatu desain agar menjadi bentuk yang berbeda dan lebih baik.
  3. Managing yaitu menciptakan desain secara berkelanjutan dan terus-menerus.
  4. Phototyping yaitu memperbaiki dan atau memodifikasi desain warisan nenek moyang.
  5. Trendspotting yaitu membuat suatu desain berdasarkan tren yang sedang berkembang.

  • Desainer Kemasan (Packaging)

Sebagian besar produk akan memerlukan suatu bentuk kemasan, desain kemasan  ini juga dapat menjadi alat pemasaran, seperti kotak, botol,tas, kaleng, wadah, atau tabung. Desainer kemasan bertugas membuat konsep, mengembangkan prototipe, hingga membuat file siap cetak untuk kemasan suatu produk.

  • Desainer Grafis Idenditas Visual

Pekerjaan desainer identitas visual berkolaborasi dengan kepentingan suatu merek untuk membuat aset visual  seperti logo, tipografi, palet warna, dan gambar yang mewakili kepribadian suatu merek.

  • Desainer Grafis Ilustrasi (Illustrator)

Seni grafis dan ilustrasi sering terlihat sama dengan desain grafis, namun masing-masing memiliki perbedaan. Desainer menciptakan komposisi untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah, seniman grafis dan ilustrator membuat karya seni ilutrasi atau sering disebut artwork. Illustrator biasanya  membuat desain untuk kaos oblong, gambar stok, ilustrasi game hingga novel grafis.

  • Desainer Motion Grafis

Desainer Motion Grafis dapat dikatakan bidang grafis  yang cukup baru bagi para desainer yang secara formal disediakan untuk TV dan film., Namun kemajuan teknologi telah mengurangi waktu dan biaya produksi sehingga lebih mudah diakses dan terjangkau. Sekarang, motion graphic dapat ditemukan di semua platform digital yang telah menciptakan segala macam peluang baru. Motion grafis mencakup animasi, audio, tipografi, image, video, dan efek lain yang digunakan dalam media online, televisi, dan film.

sumber:

Comments

Popular posts from this blog

STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP)

Kode Etik, Profesi Insinyur

ETIKA BISNIS