Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


       Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu) atau dalam bahasa Tengger dieja "Brama", adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 

         Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur – WisataBromo – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah salah satu Taman Nasional yang terletak di propinsi Jawa Timur Indonesia. Meliputi Kota dan Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur merupakan yang paling terkenal di Indonesia maupun taraf internasional karena punya banyak obyek wisata menarik yang bisa di nikmati, diantaranya Wisata Gunung Bromo , Wisata Sunrise di Gunung Penanjakan, Lautan Pasir Bromo, Savana, Pasir Berbisik , Wisata Gunung Semeru, Air Terjun Madakaripura, Danau Ranu Kumbolo, Danau Ranu Regulo , Ranu Pane. Rute untuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga sangat mudah , layaknya rute menuju Gunung Bromo. Namun ada alternatif lain yang cukup menarik yaitu melalui jalur selatan yauti Malang – Tumpang – Ngadas – TBTS. Setelah mengunjungi beberapa obyek wisata Malang, banyak pengunjung TNBTS yang mengambil langsung rute ini, walaupun cukup ekstrim jalannya namun banyak obyek wisata yang bisa di singgahi, misalnya Coban Pelangi, Coban Trisula, Rafting di Tumpang dsb.  

        24 Desember 2017, Pertama kalinya menginjakan kaki di Taman Nasional Bromo pada saat itu saya dijemput menggunakan jeep pada pukul 02.00 pagi dan berkumpul di titik kumpul bemberhentian jeep untuk naik ke gunung bromo, perjalanan membutuhkan waktu 3 Jam dari titik kumpul malang sampai puncak pemberhentian terkahir bromo. Pada jam 05.30 terlihat sunrise yang sangat cantik dan terlihat juga gunung bromo saya berfotofoto dan dikasih waktu menikmati pemandangan sampai jam 07.00 sebelum turun kebawah untuk ketempat selanjutnya yaitu pasir berbisik dan bukit teletabis, saat di pasir berbisik bersyukur sekali pas lagi tidak turun kabut jadinya bisa fotofoto dengan pemandangan yang bagus. jam 11.00 tour bromo selesai dan kembali kemalang.

Comments

Popular posts from this blog

STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP)

Kode Etik, Profesi Insinyur

ETIKA BISNIS