SDM BAGI ORGANISASI KEWIRAUSAHAAN


SDM BAGI ORGANISASI KEWIRAUSAHAAN


A. Langkah-Langkah Penyediaan Sumber Daya Manusia
Untuk menyediakan sumber daya manusia yang tepat bagi organisasi kewirausahaan ketika berbagai posisi menjadi terbuka atau lowong, manajer hendaknya mengikuti empat langkah berurutan, yakni:
  1. Perekrutan
  2. Seleksi
  3. Pelatihan
  4. Penilaian hasil kerja


B. Sumber dari SDM
Sumber-sumber dari SDM yang tersedia untuk mengisi posisi bisa dikategorikan dengan 2 cara, yaitu:
  • Sumber yang berada didalam organisasi kewirausahaan

Sekelompok karyawan yang sekarang ada dalam suatu organisasi kewirausahaan adalah satu sumber dari SDM yang mungkin memiliki kualifikasi terbaik untuk suatu posisi yang kosong. Walaupun personalia yang ada biasanya bergerak secara lateral dalam suatu organisasi, sebagian besar gerakan internal biasanya adalah promosi.
  •  Sumber yang berada diluar organisasi kewirausahaan

Jika untuk beberapa alasan suatu posisi tidak bisa diisi oleh seseorang yang berasal dari dalam organisasi kewirausahaan, sejumlah sumber calon tenaga kerja tersedia diluar organisasi.


C. Motivasi Dalam Kewirausahaan
Motivasi merupakan kegiatan yang mengakibatkan, menyalurkan dan memelihara perilaku manusia., dan merupakan suatu proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan sesuatu yang kita inginkan. Seorang karyawan mungkin menjalankan pekerjaan yang dibebankan kepadanya dengan baik, mungkin pula tidak. Maka dari itu hal tersebut merupakan salah satu tugas dari seorang pimpinan untuk bias memberikan motivasi (dorongan kepada bawahannya agar bias bekerja sesuai dengan arahan yang diberikan.

D. Bentuk-Bentuk Komunikasi
  •  KOMUNIKASI INTRAPERSONAL

Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi intrapribadi yang artinya komunikasi yang dilakukan kepada diri sendiri. Proses komunikasi ini terjadi dimulai dari kegiatan menerima pesan/informasi, mengolah dan menyimpan, juga menghasilkan kembali.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antarpribadi. Komunikasi ini juga dapat diartikan sebagai proses pertukaran makna dari orang yang saling berkomunikasi antara satu individu dengan individu lainnya. 
  • KOMUNIKASI KELOMPOK

Komunikasi kelompok dapat diartikan sebagai tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud dan tujuan yang dikehendaki. Seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah. Komunikasi kelompok merupakan komunikasi yang dillakkan oleh beberapa orang lain atau sekelompok orang.

  •  KOMUNIKASI ORGANISASI

Komunikasi organisasi adalah komunikasi antarmanusia yang terjadi dalam hubungan organisasi. Komunikasi organisasi merupakan proses komunikasi yang berlangsung secara formal maupun nonformal dalam sebuah sistem yang disebut organisasi.
Komunikasi organisasi sering dijadikan sebagai objek studi sendiri karena luasnya ruang lingkup komunikasi tersebut. Pada umumnya komunikasi organisasi membahas tentang struktur  dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi dan proses pengorganisasian, serta budaya organisasi.
  •  KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh, sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu. Jadi, Komunikasi massa sebagai pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.


E. Teknik Pengembangan Ketrampilan
  • Teknik pengembangan ketrampilan dalam program pelatihan bisa dibagi menjadi dua kategori luas: teknik dalam jabatan untuk mengembangkan ketrampilan (on the job techniques for developing skills), 
  • Teknik ruang kelas untuk mengembangkan ketrampilan (classroom techniques for developing skills). Teknik pengembangan ketrampilan dalam jabatan biasanya adalah tercantum dalam pelatihan dalam jabatan (on the job training).



Kesimpulan :
Sumber daya manusia dalam kewirausahaan memberikan kontribusi atau sumbangan yang berharga berupa produktivitas dari posisi yang mereka pegang untuk mencapai tujuan sistem organisasi kewirausahaan.  Produktivitas pada semua organisasi kewiraswastaan ditentukan oleh bagaimana sumber daya manusia berinteraksi dan bergabung untuk menggunakan sumber daya system manajemen. Beberapa langkah yang bisa diambil untuk penyediaan SDM adalah recruitment, seleksi, pelatihan dan penilaian hasil kerja. Untuk mendapat penempatan posisi yang tepat perlu adanya  analisis jabatan. 




Comments

Popular posts from this blog

STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP)

Kode Etik, Profesi Insinyur

ETIKA BISNIS