MENGETAHUI JIWA KEPEMIMPINAN DALAM TIM KERJA YANG EFEKTIF



MENGETAHUI JIWA KEPEMIMPINAN DALAM TIM KERJA YANG EFEKTIF


A. Membangun Tim
Kerja Dalam upaya membangun tim kerja adalah kesamaan Visi, misi dan tujuan yang ingin  dicapai  dengan  terus  melakukan  brainstorming  agar  kesepakatan  bersama  dapat tercapai.  Salah satu  aspek  yang  dibangun  adalah pembagian tugas  yang  jelas  sehingga masing-masing   anggota  mengerti   kewajibannya.   Selanjutnya   akan     dapat menumbuhkembangkan  rasa  tanggungjawab  dan  komitmen  dalam  diri  anggota  tim.  Di dalam sebuah tim tetap dibutuhkan seorang pemimpin yang mampu menjadi motivator dan membangun suasana kerja yang kondusif dari seorang pemimpin yang dapat berpikir jernih dan bertanggung jawab.
Terdapat banyak  aspek utama yang dibawa oleh individu ke dalam sebuah tim, yaitu:
  • Kompetensi (Competency),
  • keahlian  anggota tim  pada  suatubidan tertentu  yang dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan tim,
  • Kemampuan belajar (Learning), kemampuan belajar anggota tim yang berpengaruh langsung terhadap kemampuan belajar tim.
  • Kesungguhan (Commitment), kesungguhan yang dapat diberikan anggota tim dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
  • Kerjasama (Team work), kemampuan bekerjasama setiap individu sebagai anggota tim.
  • kolaborasi (Collaboration), kemampuan berkolaborasi di  dalam  tim  dan  di  antara  tim.
  • Komunikasi (Communication),  tingkat  kemampuan komunikasi setiap anggota tim.K
  • epercayaan (Trust), tingkat kepercayaan terhadap sesama anggota tim.
  • Motivasi (Motivation), motivasi yang dimiliki setiap anggota tim.

B. Membangun Disiplin
Pemimpin  harus  membuat  perubahan  pribadi  pada  dirinya  sendiri,  sebelum meminta orang lain berubah. Para pemimpin sukses bukan hanya mengatakan apa yang harus dilakukan, mereka memperlihatkannya! Orang meniru apa yang mereka  lihat dari sang  pemimpin.  Apa  yang  dihargainya  akan  dihargai  pula  oleh  anggotanya.  Tujuan pemimpin menjadi tujuan mereka. Lee Iacocca berkata, "Kecepatan bos adalah kecepatan tim." Disiplin diri, kemauan, penguasaan diri, artinya mengendalikan kehidupan. Disiplin  juga diartikan membayar  harga dalam hal-hal kecil agar dapat membeli hal yang besar. Disiplin  adalah  awal  dari  sebuah  budaya,  jikalau  displin  sudah  terbentuk  maka  ada istilahnya menjadi budaya disiplin. Disiplin adalah upaya untuk membuat orang berada pada jalur sikap dan perilaku yang sudah ditetapkan oleh perusahaan atau pemimpin. Jika sudah distrategikan dalam bentuk perilaku, nilai, dan penerapannya dalam bentuk norma, maka harus dijaga agar orang itu taat

C. Membangun Komitmen
Komitmen (commitment)yang  berarti janji  untuk  mengerjakan  sesuatuadalah sebuah  karakter  dalam  mencapai  tujuan.  Arti  lainnya  adalah kesanggupan  untuk bertanggung  jawab  terhadap  hal-hal  yang  dipercayakan  kepada  seseorang. Komitmen tidak  ada  hubungannya  sama  sekali  dengan  bakat,  kepintaran  atau  talenta.  Dengan komitmen yang kuat akan memungkinkan seseorang bisa mengeluarkan sumber daya fisik, mental, dan spiritual tambahan yang bisa diperoleh. Sebaliknya, tanpa komitmen maka pekerjaan-pekerjaan besar akan sulit terlaksana


KESIMPULAN :
Kepemimpinan yang efektif terletak pada optimalisasi membangun kerja sama tim  dan  hubungannya  dengan  kerja  sama  tim  yang  baik  merupakan  aktivitas  inti  dalam mengatur  manusia/anggota  dalam  tim.Kepemimpinan  yang  membangun  tim  bukanlah  sebuah  keniscayaan  rasional  dalam  rangka  mewujudkan  cita-cita  kolektif  anggotanya apabila dilalui dengan membangunhubungan antar manusia, membangun disiplin serta membangun komitmen.


Comments

Popular posts from this blog

STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP)

Kode Etik, Profesi Insinyur

ETIKA BISNIS