Duka Di Kota Garut



Selasa (20/09/2016) Pukul 22.00 WIB, banjir bandang melanda tujuh kecamatan di kota Garut, Jawa Barat. Banjir tersebut dipicu karna hujan yang intensitasnya cukup tinggi dan pemukiman daerah sekitar yang cukup rendah sehingga potensi terjadinya banjir sangat besar. Di daerah pemukiman tersebut juga terdapat sungai cimanuk yang air sungainya meluap karna intensitas air yang semakin  meninggi.

Akibat dari banjir tersebut banyak dari mereka yang kehilangan tempat tinggal dan keluarga terdekat. Dari info yang didapat sekitar 200 keluarga kehilangan tempat tinggal dan 16 orang masih dinyatakan hilang, ketinggian banjir mencapai 1,5m-2m. bencana tersebut melanda mereka pada malam hari disaat waktunya mereka sedang tertidur.

Pemerintah mengupayakan membantu korban bencana banjir, dengan mengirimkan menteri sosial dan menteri kesehatan untuk mengatasi para korban yang tertimpa musibah. bapak jokowi juga menghimbau agar masyarakat tetap wapada dengan perubahan iklim yang bisa menimbulkan musibah.

Bencana banjir ini bisa juga terjadi karna ulah manusia yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar dan tidak disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya, masih banyak manusia yang sering membuang sampah plastik atau sampah lainnya ke sungai/kali sehingga membuat air sungai/kali menjadi tersumbat akibatnya sering terjadinya banjir.

Seperti saat ini masih banyak manusia yang melakukan pembangunan-pembangunan di tanah yang seharusnya menjadi tempat resapan air. Dan juga menebang pohon-pohon untuk kepentingan individu padahal pohon tersebut bisa menjadi resapan air dan mengurangi potensi terjadinya banjir dan longsor.


Fenomena di garut ini sangat menyita perhatian karna banjir ini terjadi begitu parah dan merusak lingkungan sekitar. sebagai individu kesadaran untuk memperhatikan lingkungan harus ditingkatkan seperti selalu membuang sampah pada tempatnya, tidak menebang / menempel brosur di pohon & selalu melakukan gotong royong untuk membersihkan kali.



DAFTAR PUSTAKA:

Comments

Popular posts from this blog

STANDARD OPERATING PROCEDURES (SOP)

Kode Etik, Profesi Insinyur

ETIKA BISNIS